Kerajinan Mozaik: Pengertian dan Langkah-Langkah Pembuatannya

Kerajinan artinya karya seni yang diciptakan dengan mengandung unsur estetika serta hiburan. Kerajinan dibagi menjadi beberapa macam, seperti kerajinan tangan, kerajinan tekstil, sampai kerajinan mozaik.

Bagi beberapa orang kerajinan mozaik masih dievaluasi langka serta sporadis diincar kehadirannya. namun, siapa sangka kerajinan mozaik mempunyai tingkat kerumitan yg relatif tinggi sebagai akibatnya memiliki harga jual yg tidaklah murah.

Kerajinan Mozaik: Pengertian dan Langkah-Langkah Pembuatannya

Dirangkum asal Seni Dekorasi dan Kerajinan buat SMTA karya Proyek Pendidikan tenaga Teknis Indonesia (2002: 55), mozaik adalah karya seni dua dimensi yg dari dari susunan potongan-rabat material eksklusif buat dibentuk sebagai sebuah pola.

Material yang dipergunakan dalam kerajinan mozaik bermacam-macam, mulai berasal kertas, biji-bijian, keramik, granit, potongan kayu, sampai kaca.

Mengutip kitab berjudul rumah ilham Keramik dan Granit karangan Imelda Akmal (2014: 30), pemotongan material dalam kerajinan mozaik dilakukan menggunakan dua cara, yaitu dilakukan secara manual maupun memakai alat yang telah terkomputerisasi.

keindahan kerajinan mozaik terlihat berasal susunannya yang mengandung beberapa rona dan disusun bergradasi. Selain itu, kerajinan mozaik juga memperlihatkan beranekaragam bentuk, seperti persegi, bulat, segi enam, sampai abstrak.

taraf kesulitan kerajinan mozaik relatif tinggi, khususnya yg menggunakan material mirip keramik dan granit. oleh karena itu, pada pengerjaannya membutuhkan energi professional pada pemasangan mozaik agar terbentuk pola yang sesuai.

Jangan khawatir, kerajinan mozaik jua bisa dicoba menggunakan menggunakan material serta indera-indera yg sederhana. Pembuatan kerajinan mozaik ini bisa dilakukan di rumah untuk menyalurkan bakat kesenian seorang atau sekadar mengisi ketika luang.

Simak langkah-langkah pembuatan kerajinan mozaik berikut yang bisa dicoba asal rumah.

Langkah-langkah Pembuatan Kerajinan Mozaik

Mengutip kitab Kerajinan Tangan serta Kesenian SD karya Dedi Nurhadiat (2005:35), pembuatan mozaik memakai bahan yang berasal dari rabat atau kepingan-kepingan buat lalu ditempel di bidang eksklusif.

Proses pembuatan kerajinan mozaik terdiri dari beberapa langkah pertama yang dilakukan untuk membuat karya seni mozaik adalah. Dirangkum berasal kitab Seni Budaya serta Keterampilan karangan Drs. Sri Murtono, M.Pd, dkk (2007: 66), berikut proses pembuatan kerajinan mozaik menggunakan memakai material-material sederhana.

1. Mempersiapkan Desain Motif

Pertama-tama, buat desain motif kerajinan mozaik dengan merancang ilham yg diubahsuaikan dengan harapan. Motif yang akan digambar mampu didesain sendiri sesuai dengan ide atau bisa meniru dari gambar yang sudah ada.

2. Mempersiapkan alat serta Bahan

Material sederhana yang mampu digunakan dalam pembuatan kerajinan mozaik terdiri asal kertas, plastik, dedaunan, biji-bijian, serta kulit tumbuhan. pembuat kerajinan mozaik dapat menentukan keliru satu pada antara material tersebut.

sementara itu, alat untuk pembuatan mozaik disesuaikan menggunakan bahan yg akan digunakan mirip gunting atau pisau. buat memudahkan memindahkan potongan-potongan material ke alas yang sudah diberi lem, pakai jarum bertangkai.

3. Teknik Penempelan

Tempel potongan-rabat material memakai lem yang sudah disediakan. Lem dioleskan bagian demi bagian secara perlahan, supaya lem tidak mengering. Selanjutnya, potongan yg sudah melekat ditekan pelan-pelan supaya dapat menempel menggunakan tepat.

4. Penyelesaian Akhir atau Finishing

tahap akhir dari pembuatan kerajinan mozaik artinya merapikan karya mozaik. penghasil karya dapat memastikan apakah masih ada motif yg belum tertutup menggunakan rabat-potongan. krusial menilik Jika terdapat penempatan rona yang kurang cocok, agar dapat segera diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.