Sejarah Perbasi Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Permainan bola basket relatif terkenal di Indonesia. Hampir seluruh kelompok umur memainkan olahraga ini. namun, Tahukah Anda tentang induk organisasi bola basket di Indonesia?

Induk organisasi bola basket pada Indonesia merupakan Perbasi atau Persatuan Bola Basket semua Indonesia. Organisasi ini berdiri sejak 23 Oktober 1951. Pengurus Perbasi yg pertama artinya Tony Wen menjadi koordinator serta Wim Latumeten menjadi sekretaris.

lalu, bagaimana bepergian Perbasi pada awal pendiriannya Sejarah Organisasi Basket di Indonesia?

Sejarah Perbasi Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia

Sejarah induk bola basket pada Indonesia ini tidak tanggal asal masuknya olahraga basket ke Indonesia. induk organisasi bola basket indonesia adalah

Dikutip berasal laman resmi Perbasi, masuknya basket di Indonesia tidak tanggal dari kedatangan para perantau Tiongkok di ketika itu. kurang lebih tahun 1920-an para perantau Tiongkok membawa permainan basket yg sudah berkembang selama 2 dasawarsa pada sana.

Para perantau tadi berbagi basket melalui komunitas serta sekolah-sekolah Tionghoa.

Basket menjadi keliru satu olahraga wajib yg dimainkan di sekolah-sekolah Tionghoa tadi. Maka di waktu itu tidak jarang ditemui lapang-lapang basket pada sekolah Tionghoa.

Kota-kota akbar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta serta Medan sebagai sentral berdirinya serikat basket pada tahun 1930an.

buat pertama kalinya basket dimainkan pada level pada Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 1948 di Solo.

namun ketika itu pertandingan basket masih terbatas pada tim putra masing-masing Karesidenan serta juga perkumpulan-serikat dengan pemain pribumi seperti PORI Solo, PORI Yogyakarta, dan Akademi Olahraga Sarangan

lalu di PON II, basket sudah ditandingkan buat putra serta putri. Kali ini regu yang dikirim sudah mewakili Provinsi masing-masing.

di tahun 1951, Maladi–galat satu tokoh olahraga nasional–meminta Tony Wen serta Wim Latumeten buat menghasilkan organisasi basket pada Indonesia. Jabatan Maladi ketika itu ialah sekretaris Komite Olimpiade Indonesia.

Atas prakarsa kedua tokoh itu maka pada 23 Oktober 1951 dibentuklah organisasi menggunakan nama “Persatuan Basketball semua Indonesia”. pada tahun 1955, diadakan penyempurnaan nama sesuai kaidah Bahasa Indonesia.

Nama itu ialah “Persatuan Bola Basket semua Indonesia” disingkat menggunakan Perbasi. Pengurus Perbasi yang pertama adalah Tony Wen menjadi ketua dan Wim Latumeten sebagai sekretaris.

pada tahun 1953, Perbasi diterima menjadi anggota FIBA. lalu setahun lalu Indonesia buat pertama kalinya mengirimkan regu basket pada Asian Games Manila.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.